Hai Millenials, Selamat Membaca Informasi Kesehatan Disini

Inilah Akibat Nyeri Pada Saat Nyeri Haid

Juli 13, 2020
AKIBAT NYERI HAID 



Nyeri haid, di dalam dunia medis disebut dismenore ialah keluhan umum yang sering dirasakan perempuan saat haid. Nyeri umumnya muncul pada awal masa haid, tepatnya di perut bagian bawah. Nyeri dapat terasa ringan dan tidak mengganggu, sampai terasa berat dan tidak tertahankan sampai mengganggu kegiatan sehari- hari.

 

Indikasi dismenore yang kerap timbul di antara lain kram ataupun nyeri perut bagian bawah, nyeri di punggung bawah, paha bagian dalam terasa ditarik, diare, mual, muntah, pusing, dan sakit kepala.

 Indikasi ini sebenarnya akan hilang tanpa diobati, tetapi pada sebagian perempuan, indikasi yang muncul cenderung menetap dan semakin parah bila dibiarkan tanpa penanganan.

 


Pemicu Nyeri Haid


Adanya peluruhan dinding rahim saat haid dapat memicu kontraksi. Kontraksi menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Dampaknya, jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang memunculkan rasa nyeri dikala haid.

 

Nyeri haid semakin terasa karna peningkatan prostaglandin, hormon yang memicu otot rahim terus berkontraksi dan memunculkan mual, diare, lemas serta sakit kepala. Semakin banyak prostaglandin yang dibuat, maka nyeri haid semakin terasa.

 

Tidak hanya akibat proses peluruhan dinding rahim, terdapat beberapa aspek yang membuat seseorang perempuan rentan alami nyeri haid. Di antara lain ialah perempuan yang mempunyai volume haid lebih banyak, haid awal saat sebelum umur 11 tahun, mengalami kegemukan, belum pernah hamil, dan sering komsumsi minuman beralkohol dan merokok.

 

Nyeri haid dapat disebabkan adanya kendala pada sistem reproduksi perempuan. Tetapi, keadaan ini umumnya dibarengi dengan indikasi yang lebih serius yang lain. Bila kalian mengalami nyeri haid yang tidak normal dan mengalami gejala- gejala abnormal yang lain, periksakan kepada dokter untuk diidentifikasi.

 

Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat

 

Saat merasakan nyeri haid yang tidak tertahankan, tidak sedikit perempuan yang memerlukan obat buat meredakannya. Tidak hanya obat- obatan, sebenarnya masih banyak perawatan rumahan lain yang dapat dicoba.

 

Mengutip dari Medical News Today, berikut ini perawatan rumahan yang dapat meringankan nyeri haid, ialah:

 

1. Menerapkan Panas

 

Menerapkan panas ke zona perut dapat meredakan nyeri yang kalian rasakan. Kalian dapat mengisi air hangat kedalam botol ataupun bantal pemanas untuk ditempelkan ke bagian perut. Panas yang dihantarkan ke perut bisa mengendurkan otot serta meredakan kram.

 

Tidak hanya itu, panas menolong otot rahim serta organ di sekitarnya rileks yang otomatis meredakan kram serta ketidaknyamanan. Kalian juga bisa menempatkan bantal pemanas di punggung bawah buat menghilangkan sakit punggung. Metode yang lain, kalian dapat berendam dalam air hangat yang menolong mengendurkan otot- otot di perut, punggung, serta kaki.

 

2. Berolahraga Ringan

 

Jika kalian berpikir bahwa berolahraga harus dihindari saat nyeri haid, maka kalian salah besar. Kenyataannya, berolahraga dianjurkan saat nyeri karna dapat meringankan rasa sakit.

 

Berolahraga berat bisa jadi tidak dianjurkan saat kalian merasa kesakitan, namun peregangan ringan, berjalan- jalan ataupun melakukan yoga akan membantu. Melalui berolahraga, kalian akan melepaskan endorfin yang merupakan hormon penghilang rasa sakit natural.

 

3. Akupunktur

 

Hasil riset yang sudah diterbitkan di PLOS One menunjukkan, akupunktur dapat meredakan kram haid. Tidak hanya bisa mendorong pelepasan endorfin, perawatan ini bisa kurangi peradangan serta membantu perempuan lebih rileks.

 

4. Pijat

 

Memperoleh pijatan lembut di zona atas perut juga bisa merilekskan otot- otot panggul serta kurangi kram. Saat sebelum memijat, kalian dapat mengoleskan minyak pijat, body lotion, ataupun minyak kelapa ke kulit supaya lebih gampang.

 

6. Mengubah Pola Makan

Melakukan beberapa perubahan dalam pola makan bisa kurangi kram haid. Komsumsi makanan kaya asam lemak omega- 3, buah- buahan, sayuran, kacang- kacangan, protein tanpa lemak serta biji- bijian membantu badan tetap sehat.

 

Jangan lupa pula buat penuhi asupan cairan dengan minum air putih, kaldu dari sup ataupun teh herbal supaya badan tetap terhidrasi. Alasannya, kehilangan cairan tubuh nyatanya jadi pemicu umum terjadinya kram otot.

 


Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »