Hai Millenials, Selamat Membaca Informasi Kesehatan Disini

Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja

Juni 11, 2020
Seberapa Penting Kah Menjaga kesehatan Reproduksi Bagi Remaja ???


                                          


    Menjaga kesehatan reproduksi memang harus sudah dibiasakan sejak masih remaja, karena pada masa remaja adalah masa yang pas untuk membangun kebiasaan baik tentang kebersihan, kita tau bahwa dengan menjaga kesehatan reproduksi kita juga secara tidak langsung menjaga aset yang paling berharga dalam jangka panjang. 
"Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), remaja adalah orang yang berusia 12 hingga 24 tahun. Masa remaja merupakan peralihan dari kanak-kanak menjadi dewasa. Artinya, proses pengenalan dan pengetahuan kesehatan reproduksi sebenarnya sudah dimulai pada masa ini. Secara sederhana, reproduksi berasal dari kata “re” yang berarti kembali dan “produksi” yang artinya membuat atau menghasilkan."

Berbicara soal kesehatan reproduksi tentunya masih terdengar riskan di sebagian kalangan. Oleh karena itu terkadang banyak remaja yang masih kurang edukasi maupun sosialisai tentang masalah ini. Padahal kurangnya edukasi dapat memicu terjadinya hal hal yang tidak di inginkan. Contohnya kehamilan dimasa muda, penyakit seksual yang menular. dan lain sebagainya.


Disini memang peran orang tua sangat di butuhkan dalam memberi edukasi pertama bagi putra putri nya yang sudah menginjak remaja, dengan terbukanya komunikasi yang baik maka akan mengurangi resiko resiko yang mungkin terjadi di lingkungan luar, seperti "Salah Pergaulan" atau "ancaman HIV/AIDS" dan juga angka kematian ibu muda yang berasal dari remaja yang hamil diluar nikah dan berusaha menggugurkan janin mereka. 


Nah inilah mengapa Sangat Penting bagi Remaja untuk Belajar Mengenai Menjaga Kesehatan Reproduksi. Hal ini dilakukan tidak hanya agar mereka dapat menjaga kesehatan dan fungsi organ tersebut tetapi juga untuk memberi pengetahuan kepada mereka. Dengan mempunyai pengetahuan dan wawasan mengenai hal tersebut tentunya akan menghindarkan remaja dari hal hal yang tidak di inginkan dan mereka akan jauh lebih mempunyai rasa tanggung jawab terhadap kesehatan reproduksi mereka masing masing.  

Walaupun hanya edukasi secara umum tetapi setidaknya mereka mempunyai pengetahuan seperti mengganti celana dalam sehari 3 kali, membersihkan dengan air mengalir, dan lain sebagainya. tidak lupa juga edukasi tentang resiko penyakit, dan kekerasan seksual. 





Artikel Terkait

Previous
Next Post »