Hai Millenials, Selamat Membaca Informasi Kesehatan Disini

Masalah Kesehatan Reproduksi Yang Kalian Wajib Tahu

Juni 12, 2020
Masalah apa saja sih yang muncul ketika kita tidak menjaga kesehatan reproduksi ??



    Remaja memang seringkali menjadi sorotan utama dalam hal masalah masalah kesehatan reproduksi yang mana kita tahu bahwa dikalangan masyarakat luas biasanya selalu mengkaitkan kesehatan reproduksi dengan hubungan seksual, kecenderungan remaja yang selalu ingin mencoba hal hal yang baru maka menyebabkan mereka harus di bekali dengan pengetahuan yang cukup tentang masalah kesehatan reproduksi.. ini dilakukan untuk membantu mengurangi resiko buruk terbesar pada remaja. 

"Menurut IDAI (Indonesian Pediatric Society), kesehatan reproduksi remaja nggak cuma berhubungan dengan seks aja, tapi juga berkaitan dengan kondisi fisik, mental, bahkan sosial remaja itu sendiri."
Masalah yang sering di alami oleh remaja pada kasus menjaga kesehatan reproduksi memang tidak jauh dengan masalah hubungan seksual mengapa begitu, minim nya pengetahuan mereka dan tingginya rasa penasaran maka akan menyebabkan mereka memilih untuk meniru lewat tontonan mereka daripada harus dikomunikasikan dengan orang tua. 

yah kembali lagi orang tua atau orang dewasa di lingkup kecil keluarga pasti akan menghindari membicara topik ini yang mereka rasa sangat tabu untuk di bicarakan. Padahal edukasi ini yang sangat penting teman teman. Dengan mendapat informasi yang salah maka akan mempengaruhi dampak pula. 



Berikut Masalah Besar Yang Sering dialami :
  1. Sex Bebas
    Mengapa ini menjadi point utama ?? Jelas adanya jika tidak mendapat edukasi secara baik dan benar maka dampak utama yang akan di alami adalah sex bebas. Remaja adalah masa dimana mereka mulai mengalami masa Pubertas atau tumbuh rasa ketertarikan satu sama lain atau rasa terhadap lawan jenis, itulah mengapa hal ini selalu menjadi momok utama yang akan ditakuti banyak orang. Semua kemungkinan bisa di dapat darimana saja, dari salahnya pergaulan, dari tontonan konten konten yang negative, dan lain lain. 


"Dilansir dari IDAI, diperkirakan 20-25% dari semua infeksi HIV di dunia terjadi pada remaja. Demikian pula halnya dengan kejadian IMS(infeksi menular seksual) yang tertinggi di remaja, khususnya remaja perempuan usia 15 tahun ke atas" 


        2. Kehamilan di luar Nikah

    Tentu teman teman sudah banyak yang menebak selain dampak utama ialah sex bebas maka akan di susul dengan kehamilan yang tidak di inginkan atau kehamilan di luar nikah. Kehamilan ini adalah hal yang tidak direncanakan atau di inginkan dengan begitu cenderung akan membuat remaja yang mengalami ini mendapat gangguan mental akibat stress berkepanjangan. dari trauma trauma yang dirasakan,  bisa mempengaruhi masa depan mereka pula, putus sekolah, kehilangan aset berharga mereka, dan lain lain , selain itu akan meningkatkan angka aborsi. 






Aborsi yang dilakukan juga tentunya tanpa pengawasan medis yang benar dan itu bisa membahayakan diri sendiri bahkan sampai menyebabkan kematian lo teman teman. Nah dengan melakukan tindakan aborsi yang salah akan menimbulkan masalah yang lebih serius pada alat reproduksi, seperti rusaknya alat kelamin, timbul reaksi emotional depresi dan lain lain. lebih menyeramkan bukan. 


        3.  Penyakit Menular Seksual

    Yah melakukan hubungan seksual tanpa alat perlindungan maka akan menyebabkan berbagai penyakit seksual muncul contoh nya klamidia, gonore, herpes, sipilis, bahkan HIV/AIDS. Mungkin selama ini edukasi yang diberikan hanya seputar masalah HIV/AIDS tetapi kenyataannya penyakit seksual yang lain juga sangat banyak. masalah kesehatan remaja adalah salah satu hal yang serius tidak menjaga kebersihan saja sudah menimbulkan berbagai macam penyakit, apalagi dengan melakukan hubungan seksual di luar nikah tanpa alat pelindung dan edukasi yang jelas. 

Hal seperti ini dengan kata lain semua dampak yang terjadi di sebabkan kurangnya pengetahuan, kurangnya mendapat informasi yang jelas , akurat dan terpercaya, dan selain itu juga pola pikir yang masih menganggap bahwa sex education adalah topik yang harus dihindari. Membuka obrolan dalam keluarga bisa menambah wawasan anak remaja dan bisa menjadi alternatif agar terhindar dari masalah masalah kejam Remaja.


Selamat Membaca :)





   




Artikel Terkait

Previous
Next Post »